Rabu, 12 November 2008

Teori Arsitektur 1


Selama studi bangunan arsitektur di Semarang, bangunan yang paling menarik bagi saya adalah Klenteng Sam Poo Kong yang berada di Semarang.

Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah, memiliki sebuah cagar budaya yang cukup tua yaitu Klenteng Sam Poo Thay Jin atau disebut juga sebagai Klenteng Sam Poo Kong ataupun lebih dikenal dengan sebutan Gedong Batu Oleh warga Semarang. Dahulu, Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat pemujaan seorang Laksamana Dinasti Ming (1368-1643) dalam masa pemerintahan Kaisar Yung Lo, yang diutus menjadi duta kaisar ke Nusantara tepatnya ke pulau Jawa, dan mendarat di pantai Semarang pada tahun 1401.
Bangunan inti dari klenteng ini adalah sebuah gua batu yang merupakan tempat utama dari lokasi ini.

Mengapa arsitektur bangunan ini menarik perhatian saya?

Dari apa yang saya lihat pada Klenteng Sam Poo Kong, saya tertarik dengan bentuk bangunannya dan ruang yang dibentuk pada setiap bangunan.
Bangunan yang ada di klenteng tersebut ada 4 yang dibangun sejajar namun bentuknya tidak lurus karena bangunan-bangunan tersebut mengikuti liku dari dinding bukit yang ada di belakang bangunan tersebut. Bangunan tersebut memiliki ruang dan ketinggian yang berbeda - beda. Semakin tinggi ruangan tersebut maka semakin agung ruang tersebut. Atapnya pun juga berbeda ketinggian.

Ruang yang dibentuk oleh setiap bangunan juga memiliki luas yang berbeda juga, karena tergantung dari fungsinya.
Di depan klenteng tersebut, ada sebuah halaman yang sangat luas. Halaman tersebut digunakan oleh banyak orang untuk melihat bangunan klenteng secara keseluruhan untuk dapat menikmati keindahan dari klenteng tersebut.



Selain itu klenteng ini juga memiliki keunikan pada dinding yang terdapat pada bagian belakang bangunan. Dinding ini berfungsi sebagai relief yang memuat tentang sejarah dan perjalanan Laksamana Cheng Ho.

Dinding tersebut juga menarik perhatian banyak orang sebagai ornamen karena bentuk dari pahatan relief tersebut rapi, halus dan indah. Selain itu, dinding tersebut dibuat relief bisa berfungsi juga sebagai pengisi dari suatu ruang.




Tidak ada komentar: