Rabu, 26 November 2008

Fungsi Ruang Sisa?


Ruang Sisa di Depan Kantin Gedung Agape

Kampus UKDW memiliki banyak ruang sisa yang ada di dalan gedung tersebut. Tugas kali ini mahasiswa disuruh untuk survei sebuah ruangan sisa, yaitu ruangan yang dapat dijadikan sebagai aktivitas tetapi ruangan tersebut tidak dapat berkembang aktivitasnya.

Salah satu ruangan yang saya ambil sebagai contoh ruangan tersebut adalah ruangan yang berada di depan kantin gedung agape, yang berada di dekat jembatan.



Ruangan tersebut hanya memiliki tangga yang berbentuk spiral. Tangga tersebut digunakan sebagai sirkulasi orang lewat naik turun tangga yang menuju ke lantai bangunan yang ada di sebelahnya.
Selain tangga yang berada di ruangan tersebut, ada sebuah water tower yang sudah cukup tua. Water tower tersebut sudah berkarat dan tidak menarik lagi untuk dipandang.


Sedangkan di belakang dan di samping tangga terdapat jendela. Menurut saya water tower tersebut sangatlah mengganggu pemandangan orang yang melihatnya. Selain itu, tempat tersebut sangat kumuh dan tidak rapi karena terdapat banyak barang rongsokan yang sudah tidak terpakai di tumpuk di ruangan itu sehingga menambah ruangan tersebut menjadi tidak enak dipandang lagi.



Sedangkan di depan ruangan tersebut ada sebuah ruangan lagi yang digunakan sebagai tempat mahasiswa untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satunya adalah kegiatan musik.



Alangkah baiknya jika water tower tersebut di pindah dan diganti dengan sebuah kolam kecil yang berisi ikan - ikan yang berada pada kolam tersebut. Selain kolam, bisa juga ditambahkan tanaman hijau. Dengan demikian ruangan tersebut akan membuat suasana enak dipandang dan terasa sejuk, terutama pada ruangan yang berada di sebelahnya dan kantin yang ada di depan ruangan tersebut.





Tidak ada komentar: