Kamis, 12 Maret 2009

Kritik Arsitektur

Saat ini, saya akan membahas tentang bangunan ibadah yaitu gereja. Gereja yang akan saya bahas adalah GKI Pajajaran Magelang.

ELEMEN FISIK
> dinding, pintu, jendela, lantai, kaca, kolom, dll

PERSEPSI (PANDANGAN)
> bangunan ibadah karena digunakan sebagai gereja. bangunan sakral.

AKTIVITAS
>beribadah, kotbah, jemaat mendengarkan pendeta, berdoa

WAKTU
> bangunan baru (re-design)


Pada blog ini, saya akan memberi komentar tentang gereja tersebut. Setelah selasai di bangun ulang, gereja ini masih memiliki banyak kekurangan. Beberapa bulan setelah selesai, ada beberapa tempat yang direnovasi lagi antara lain, yaitu tangga untuk naik ke lantai 2, tangga menuju ke hall gereja dan dinding pembatas gereja bagian luar.

Menurut saya, renovasi tersebut hanya membuang - buang uang saja karena perencanaan pembangunan yang kurang matang. Pada dinding bagian luar di renovasi lagi karena pada mulanya dinding tersebut dibuat ornamen yang menonjol sehingga mengganggu para pejalan kaki yang lewat dibawahnya. Sehingga ornamen tersebut dihancurkan dan diratakan kembali seperti dinding biasa.

Pada tangga yang menuju ke hall gereja juga direnovasi karena tidak nyaman lantainya. Awalnya material yang digunakan adalah keramik. Karena keramik licin, kemudian diganti dengan lantai yang bertekstur agar kasar.

Pada tangga yang menuju ke lantai 2, juga direnovasi karena kurang nyaman. Kekurangannya adalah bentuk tangga yang terus lurus sehingga mempersempit sirkulasi jalan yang ada di depannya. Kemudian tangga tersebut direnovasi dibentuk siku.

Menurut saya perencanaan pembangunan tersebut kurang matang dan siap, sehingga menimbulkan banyak masalh pada gereja tersebut. Dengan demikian pihak gereja juga rugi karena harus mengeluarkan uang yang lebih banyak dari anggaran yang sudah ada.


Sekian kritik dari saya. Mohon maaf karena gambar bangunan belum ada.

Tidak ada komentar: